TIMER 555

 

Multivibrator ini menggunakan IC timer 555. 555 itu merupakan nilai resistor yang digunakan dalam rangkaian IC 555 tersebut. Nilai resistor tersebut adalah 5KΩ. Di dalam IC 555 tersebut terdapat tiga buah resistor 5K untuk input tegangan referensi daripada komparator yang digunakan.

 

Konfigurasi timer yang digunakan pada rangkaian ini merupakan konfigurasi monostable yang menggunakan dua batas referensi atau bisa dikatakan pembentukan schmitt trigger menggunakan IC timer 555. Hal ini dilakukan untuk memberikan clock kepada 16v8 yang diperoleh dari pada sensor photodiode.

 

 

Ketiga R yang terdapat pada bagian atas itu lah yang menggunakan nilai 5KΩ. Oleh karena itu dapat diperoleh nilai 2 / 3 Vcc dan 1 / 3 Vcc sebagai tegangan referensi atau Vref daripada comparator yang digunakan tersebut. Sedangkan untuk gambar rangkaian schmitt trigger menggunakan timer ini akan diberikan berikut ini. Dimana pin 7 atau pin discharging tidak digunakan, dimana prinsipnya menggunakan tegangan referensi comparator dengan tegangan referensi dari konfigurasi ini.