MOTOR

http://www.google.co.id/imgres?q=gambar+motor+ac+dan+dc&hl=id&sa=X&biw=1024&bih=513&tbm=isch&prmd=imvns&tbnid=HyT7jig5hhtLiM:&imgrefurl=http://gallantmotor.com/acvsdc&docid=qNQQScxOtYXAVM&imgurl=http://gallantmotor.com/images/DC_motor.jpg&w=400&h=280&ei=RKOiTtT8IYLWrQej5ZXsAg&zoom=1&iact=hc&vpx=305&vpy=156&dur=210&hovh=188&hovw=268&tx=154&ty=101&sig=104043204918434937884&page=1&tbnh=154&tbnw=232&start=0&ndsp=8&ved=1t:429,r:5,s:0

Motor adalah suatu device yang dapat menggerakkan sesuatu atau sebagai penggerak yang memanfaatkan elektromagnetik. Atau dapat dikatakan sebagai pengubah electric menjadi mechanic. Motor Secara umum terbagi atas :

– Motor AC, motor yang sumbernya merupakan sumber AC

– Motor DC, motor yang sumbernya merupakan sumber DC

Selain itu, terdapat motor universal yang dapat bekerja baik dengan sumber AC maupun sumber DC. Akan tetapi dalam praktiknya banyak yang menggunakannya dengan sumber AC. Motor AC merupakan motor dengan sumber AC ( Alternate Current ). Pengelompokkan motor AC ini biasanya berdasarkan phase-nya. Yang diperhatikan pada motor AC ini pada umumnya adalah Horsepower, speed dalam RPM dan startup torque. Berikut ini akan diberikan gambar motor AC :

Motor dengan sumber DC dapat dibagi lagi menjadi :

– Motor DC atau dinamo

– Motor servo

– Motor stepper

Motor yang akan kita gunakan dan akan dibahas lebih lanjut dan digunakan pada alat ini adalah motor DC atau dinamo. Motor DC ini tidak berisik dan dapat memberikan daya yang memadai untuk tugas – tugas berat. Motor DC standar berputar secara bebas, berbeda halnya dengan motor stepper. Motor DC ini biasanya terdiri dari 2 kutub atau 2 inputan pin, harus terjadinya perbedaan tegangan misalnya tegangan baterry dengan ground. Berikut ini diberikan cara menggerakkan motor DC.

Motor DC digunakan untuk membuka dan menutup pintu pada aplikasi alat yang dikerjakan ini.

Konfigurasi H-Bridge

 

Konfigurasi H-bridge ini merupakan konfigurasi penguat yang digunakan untuk mengatur motor agar dapat berputar dalam dua arah, yaitu counter clock-wise dan clock-wise. Konfigurasi ini menggunakan 4 buah transistor yang terdiri dari NPN dan PNP yang dirangkai sedemikian rupa.

Untuk menggerakkan motor, tinggal diatur ke empat switch yang ada, dimana pada kasus ini dibedakan menjadi hanya dua switch, yaitu sebelah kanan dan sebelah kiri.