Membuat laporan bacaan : Ringkasan isi bab “PENALARAN” dari buku “ Argumentasi dan Narasi “ karangan Gorys Keraf

PENALARAN

Gorys Keraf menjelaskan bahwa Penalaran (reasoning, jalan pikiran) adalah suatu proses berpikir yang berusaha menghubung-hubungkan fakta-fakta atau evidensi-evidensi yang diketahui menuju kepada suatu kesimpulan. Penalaran bukan saja dapat dilakukan dengan mempergunakan fakta-fakta yang masih berbentuk polos, tetapi dapat juga dilakukan dengan mempergunakan fakta-fakta yang telah dirumuskan dalam kalimat-kalimat yang berbentuk pendapat atau kesimpulan.

Penalaran ini dapat dibagi menjadi dua yaitu :

1. Penalaran induktif adalah proses penalaran untuk menarik kesimpulan berupa prinsip atau sikap yang berlaku umum berdasarkan atas fakta-fakta yang bersifat khusus, prosesnya disebut induksi. Atau secara singkat dapat kita katakan sebagai penarikan kesimpulan dari sesuatu yang sifatnya khusus menjadi yang sifatnya umum.

2. Penalaran deduktif adalah penarikan kesimpulan berdasarkan premis-premis atau pernyataan dasar dari satu atau beberapa pernyataan. Maksudnya adalah apa yang dikemukakan di dalam kesimpulan secara tersirat telah ada di dalam pernyataan tersebut. Jadi, setiap kesimpulan-kesimpulan yang dihasilkan adalah pernyataan lain dari pernyataan yang telah ada, yang pada dasarnya adalah sama maksud dan logikanya, yang membedakan adalah cara penulisannya yang lebih singkat dan langsung pada tujuannya.

Argumentasi adalah suatu bentuk keterampilan berbahasa secara efektif yang berusaha untuk memengaruhi sikap dan pendapat orang lain, agar mereka dapat percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara. Dalam Buku ini, Dr. Gorys Keraf menguraikan tentang Argumentasi yaitu bagaimana menyusun penalaran yang logis dan kritis, metode induksi dan deduksi, bagaimana mengadakan penilaian atau penolakan terhadap pendapat orang lain, penyusunan tulisan yang argumentatif, dan juga mengenai persuasi. Menguraikan juga tentang Narasi, yaitu bentuk-bentuk narasi, strukur narasi, struktur perbuatan, makna sebuah narasi dan sudut pandangan. Buku ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, dalam hal Penalaran (proses berfikir) yang kemudian akan digunakan dalam membuat argumentasi dan narasi dalam bentuk tulisan maupun secara lisan yang baik.

Sumber : Keraf, Gorys. 1982. Argumentasi dan Narasi.